Tujuh Manfaat Ibadah Kurban


Kurang lebih 40 hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha 1439 H/2018. Idul Adha juga seringkali disebut sebagai Idul Kurban, karena pada hari raya tersebut umat muslim merayakan kemenangan dengan berkurban.
Limpahan rasa syukur atas nikmat yang telah diperoleh dapat diwujudkan salah satunya dengan berkurban. Tak hanya mengharapkan ridho Allah, tentunya berkurban juga memiliki banyak hikmah. Berikut hikmah yang dapat diambil dari berkurban:
Pertama, manusia akan terhindar dari segala sesuatu yang berkenaan dengan cacat hati. Cacat hati maksudnya, terlukanya keutuhan hati yang fitri oleh torehan-torehan sifat sombong, iri, buruk sangka, dendam kesumat, dan sifat yang suka memperlihatkan perbuatan baiknya kepada orang lain (riya).
Kedua, akan terjaga dari berkurangnya harta yang telah diberikan Allah kepada seorang Muslim yang shaleh. Secara perhitungan matematika dunia, saat kita memberi sesuatu kepada orang lain, maka berkuranglah dari jumlah semula. Namun hakekat Allah swt, memberi justru akan mempebanyak harta yang disimpan dalam keridhoan Allah swt.
Yang ketiga, terhindar dari lalapan/jilatan api neraka. Umat muslim yang melaksanakan ibadah kurban saat keadaan telah memenuhi kelayakan, merupakan sebuah perbuatan terpuji, artinya mereka mampu bersabar dengan melawan hawa nafsu keserakahan atas hartanya. 
Keempat, berkurban bisa memotong segala alur ketidakbaikan hidup sehingga terhindar dari perbuatan dosa yang berkepanjangan. Dengan mentafakuri pelaksanaan ibadah kurban, manusia akan memiliki kemampuan untuk menghilangkan keengganan ataupun rasa malas untuk melaksanakan kewajiban mengabdi kepada Allah swt.
Kelima terbentuknya hati yang mapan dalam keimanan kepada Allah swt Kematangan dalam mensyukuri nikmat dan karunia Allah swt, menunjukkan dewasanya iman seorang Muslim. Keenam akan terhindar dari perilaku yang suka mengambil jalan pintas dalam menjalani kehidupan.
Keenam akan terhindar dari perilaku yang suka mengambil jalan pintas dalam menjalani kehidupan.
Ketujuh, orang yang melaksanakan ibadah kurban akan terhindar dari perpecahan. Dari pelaksanaan kurban, dapat dimaknai, umat Islam akan terhindar dari perpecahan, yang muaranya mewujudkan serta menguatkan/memperkokoh integritas dan integrasi (terhindar dari disintegrasi) bangsa.



Share on Google Plus

About lazdai lampung

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar